Kamis, 22 Agustus 2013

9 Mitos tentang Flu yang menyesatkan

Mitos Seputar flu - Unic29
Flu adalah penyakit yang umum dimasyarakat, namun banyak yang meremehkan flu. Bahkan sampai ada mitos – mitos tentang flu yang ternyata tidak semua benar pren. Mitos apa sajakah itu?  Berikut ini ulasan tentang 9 mitos – mitos flu yang salah dan menyesatkan. Tanpa basa-basi lagi, langsung baca saja artikelnya pren…!!

1. Makan = Membiarkan Virus Berkembang

Pren, Makan saat flu sama artinya dengan membiarkan virus flu dalam tubuh loe beranak pinak. Hmm…sungguh mitos yang benar – benar salah pren. Makan saat loe sedang sakit adalah kewajiban, karena dalam makanan itu mengandung energi yang dapat membantu loe memerangi virus–virus jahat yang menyerang tubuh. Jadi, sebaiknya loe makan makanan yang sehat saat loe sakit bukan tidak makan sama sekali. Tenang saja pren, virus flu tidak suka donat kok.


2. Tidak Perlu Obat Untuk Segera Sembuh

Banyak orang beranggapan flu adalah sebuah proses pren. Bersin – Demam – Flu – Sembuh. Sehingga banyak dari mereka membiarkan proses itu berjalan dengan sendirinya dengan keyakinan bahwa pasti proses itu akan bermuara pada “Sembuh”. Hal yang sebenarnya sangat disayangkan, karena flu adalah sebuah virus, bukan sebuah proses. Virus hanya akan mati jika dibunuh dengan obat flu tentunya. Oleh karena itu pren, sebaiknya berhenti mempercayai flu sebagai sebuah proses mulai dari sekarang.

3. Flu Disebabkan Cuaca Yang Dingin

Pasti pren sering diperingatkan untuk memakai baju hangat ketika sedang cuaca dingin, atau sedang hujan agar tidak terkena flu. Mitos tersebut sepenuhnya salah pren, Mengapa? Karena virus flu tidak mengenal bagaimana keadaan loe saat dia masuk ke dalam tubuh. Dia bisa menyerang ketika cuaca sedang terik – teriknya atau ketika loe sedang kedinginan karena hujan lebat. Sungguh tidak berpengaruh pren.

4. Berciuman Akan Menularkan Virus Flu dengan Cepat

Jumlah virus flu yang ada pada bibir dan mulut sedikit pren. Yang banyak adalah pada lendir yang berada di hidung pren. Sehingga tidak benar adanya mitos yang mengatakan loe dapat menularkan virus flu hanya dengan berciuman dengan seseorang karena sebenarnya biang virus ada pada hidung, sedangkan loe tidak mungkin mencium seseorang dengan hidung, kan?

5. Jangan Minum Susu

Susu dipercaya dapat memperbanyak jumlah lendir yang dihasilkan pada saat loe sedang terkena flu. Itu salah besar pren. Susu tidak terbukti dapat meningkatkan volume lendir dalam hidung loe. Justru susu dapat menyegarkan tubuh dan membantu tubuh memerangi penyakit, sehingga loe dapat segera sembuh dari flu.

6. Virus Flu Hanya Menyebar Saat Musim Dingin / Penghujan

Kita sering mendengar percakapan di masyarakat, seperti ini misalnya :
X : “Wah,,sekarang banyak orang terkena flu ya!”
Y : “Jelas saja, sekarang kan musim penghujan!”
Percakapan yang salah dan umum terjadi dimasyarakat pren. Virus flu tidak mengenal musim. Entah musim kemarau atau musim penghujan, jika dia menyerang maka tidak ada yang bisa menghalanginya.

7. Vitamin C

Jika loe sedang sakit flu maka hal yang loe lakukan salah satunya adalah memperbanyak mengonsumsi vitamin C. Sebenarnya tindakan loe sudah benar, dengan memasukkan banyak vitamin dan mineral dalam tubuh, namun untuk pengkhususan pada vitamin C tidaklah berpengaruh banyak pren. Jika loe terkena flu, maka yang harus loe lakukan adalah meminum obat flu, bukan dengan memakan jeruk satu kilo.


8. Flu Hanya Datang Pada Tubuh yang Sedang Lemah

Pren, kondisi tubuh seseorang yang berbeda – beda bukanlah salah satu penyebab seseorang itu dapat terkena flu atau tidak pren. Karena baik di dalam tubuh seseorang yang sehat dengan kondisi tubuh seseorang yang sedang lemah, karena load pekerjaan yang menumpuk misalnya, tidak berpengaruh pada virus flu. Karena virus flu adalah virus yang menyerang tidak pada orang yang sedang drop saja, maka waspadalah meski loe sedang dalam keadaan bugar.

9. Berkeringat = Virus Hilang

Banyak orang yang masih meyakini bahwa flu akan hilang dengan sendirinya jika loe sudah tidur dengan menggunakan selimut super tebal dan atau menaruh kepala loe di atas baskom berisi air panas. Padahal kenyataannya adalah semua yang loe lakukan itu tidaklah berpengaruh pada virus flu. Yang loe dapatkan hanyalah ketenangan dan perasaan nyaman.

Nah, itu pren 9 mitos flu yang menyesatkan…

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Choose Label

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani