Selasa, 08 Oktober 2013

PT. Sosro akan hadirkan robot penjual minuman

Advertorial - detikNews
Jakarta - PT. Sinar Sosro, selaku produsen minuman asli Indonesia melakukan Penandatanganan Kerjasama dengan Unikom dan PT. Sadhana Ekapraya Amitra, untuk pembuatan Robot Penjual Minuman Interaktif dengan jenis S2U (diambil dari inisial institusi pengembangnya yaitu Sosro, Sadhana, dan Unikom). Sejauh ini, Robot jenis ini, merupakan Robot Penjual Interaktif pertama di Industri minuman di Indonesia. Prototipe Robot S2U yang sudah diselesaikan dipanggil dengan sebutan T-Bot

Proyek pembuatan T-Bot diawali dari ide tim pemasaran PT. Sinar Sosro, yang senantiasa mencari terobosan dalam melakukan upaya pemasaran secara interaktif , unik, dan menarik. Dalam upayanya tersebut, PT Sinar Sosro sejak awal tahun 2013, memperoleh dukungan dari kalangan akademis, khususnya Universitas Komputer Indonesia (Unikom), yang dikenal sering menciptakan robot-robot juara, dan sekaligus mitra teknis sistem pendinginan, yaitu PT. Sadhana Ekapraya Amitra. Melalui proyek ini, PT. Sinar Sosro juga menunjukkan kepeduliannya pada dunia pendidikan, khususnya di bidang aplikasi Teknik Robotika.

Menurut Koordinator Teknis proyek robotik ini, Dr. Yusrila Kerlooza dari Unikom Bandung, T-Bot merupakan unit robot pertama dari jenis S2U, yang didukung perangkat lunak terkomputerisasi, dan dikendalikan secara nirkabel oleh gadget sekelas smartphone.

Fungsi dasar T-Bot antara lain melakukan manuver selayaknya robot berjalan, melakukan komunikasi interaktif dan permainan dengan konsumen melalui layar sentuh, menawarkan aneka pilihan minuman produksi PT. Sinar Sosro, dan menyajikan minuman dingin hasil pilihan konsumen.

Diluncurkannya T-Bot sekaligus menunjukkan karya kreatif anak bangsa Indonesia, yang setaraf dengan tantangan teknologi dan modernisasi masa kini. Kedepannya, robot jenis S2U direncanakan akan dikembangkan oleh PT. Sinar Sosro beserta mitranya, menjadi beberapa tipe dengan menambahkan fitur dan kemampuan masing-masingnya.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Choose Label

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani