Lebih dikenal sebagai monster laut legendaris, kapal hantu
memperoleh tingkat popularitas yang besar di kalangan sejarawan dan
pemburu hantu. Ada banyak peristiwa di lautan, seperti cuaca yang tidak
menguntungkan, kelaparan, sakit, kegiatan spiritual dan lainnya. Satu
fakta yang pasti adalah bahwa kapal hantu dikelilingi oleh misteri dan
intrik yang mendalam. Tulisan ini menggambarkan kegiatan paranormal
tingkat tinggi dan pengetahuan pelayaran, tentang kapal paling berhantu
dan dunia bahari yang penuh misteri
10. Baychimo
Awalnya
dikenal sebagai Angermanelfven, kapal kargo Swedia ini dibangun pada
tahun 1914 dan menjadi terkenal karena sukses menyelesaikan 9 perjalanan
berbahaya dan tidak ramah di seluruh wilayah Northwestern laut Kanada.
Pada tanggal 1 Oktober 1931, Baychimo terjebak dalam lapisan es tebal di
dekat Barrow, Alaska. Para kru bergerak di dalam dan menunggu waktu
yang tepat untuk bergerak ke luar. Para kru kembali melautn setelah
menunggu selama dua hari dan sekali lagi melakukan perjalanan.
Sayangnya, pada tanggal 8 Oktober sekali lagi terjebak dalam lapisan es.
Pada tanggal 15 Oktober, perusahaan pelayaran mengirim pesawat untuk
mengambil 22 dari 37 awak, sedangkan anggota lain berlindung pada jarak
agak jauh untuk bergerak keluar dengan kapal, sekali lagi. Malam itu
gelap tanggal 24 November ketika kapal itu lenyap di bawah gunung es
raksasa dalam badai salju yang mematikan. Setelah menyadari kondisi
tersebut mau tak mau, awak kapal yang tersisa terbang kembali ke rumah.
Hari-hari berlalu, Baychimo terlihat lagi dan lagi oleh para penjelajah
dan pelancong di berbagai bagian laut neraka. Setiap kali kapal itu
terlihat mengambang cukup damai tapi setiap kali orang berusaha untuk
menariknya kembali dalam peradaban, usaha itu selalu dihentikan oleh
badai hebat. Nasib akhir kapal itu masih belum diketahui karena setelah
penampakan terakhir di tahun 1969, tidak pernah terlihat lagi.
9. Jian Seng
Dari
mana asalnya dan siapa pemilik kapal tanker berukuran 80 meter ini
masih merupakan misteri. Pada bulan Maret 2006, Jian Seng terlihat di
Teluk Carpentaria oleh pesawat Penjaga Pantai Australia. Tepat setelah
penampakan, Storm Bay, perahu patroli Bea Cukai Australia dikirim untuk
mengumpulkan informasi tentang kapal yang ditinggalkan ini, mengambang
bebas di perairan yang belum dipetakan. Tidak ada tanda-tanda manusia di
kapal tapi tampaknya terdapat sejumlah besar beras. Mesinnya sudah
tidak dapat digunakan dan tidak ada bukti tentang pendaftaran dan
pelabuhan asal kapal ini. Sejak Pemerintah Australia tidak mampu untuk
menemukan pemilik, kapal hantu ini akhirnya ditarik dan ditenggelampak
dalam air dalam Weipa, Cape York.
8. Octavius
Kapal
hantu ini ditemukan pada tanggal 11 Oktober 1775 oleh Herald, di
sebelah barat Greenland. Herald adalah sebuah kapal, yang dirancang
untuk penangkapan ikan paus. Menurut sejarawan, ketika awak Herald
mendarat di Octavius, mereka menemukan orang tewas di bawah dek. Mayat
awak Octavius tidak dalam kondisi begitu busuk karena lingkungan yang
sangat beku. Mayat terdiri atas seorang wanita, anak laki-laki dan
pelaut, sedangkan tubuh kapten sedang beristirahat di kursi dengan pena
di tangan. Ini jelas menunjukkan bahwa kapten sedang sibuk dalam
menulis log-nya hingga saat ia meninggal. Namun, hanya beberapa halaman
ditemukan dalam kondisi baik tapi cukup untuk membuat mulut setiap orang
menganga karena entri terakhir ditulis pada tanggal 11 November 1762.
Hampir 13 tahun dari hari penemuannya. Anehnya, setelah pertemuan dengan
Herald, kapal itu tidak pernah terlihat lagi.
7. MV Joyita
Kapal
pesiar mewah ini dibangun pada tahun 1931 untuk West Roland, sutradara
film Hollywood terkemuka pada zamannya. Kemudian, kapal ini dibeli oleh
seorang profesor dari University of Hawaii yang diberikan kepada Kapten
Thomas Miller, seorang pelaut yang menggunakan kapal ini sebagai kapal
nelayan. Dengan tujuan maut, kapal ini mulai perjalanannya pada tanggal 3
Oktober 1955, dari pelabuhan Apia dengan hanya satu mesin yang
berfungsi. Tujuannya adalah Pulau Tokelau yang hampir 430 km dari Apia
dan MV Joyita diperkirakan akan tiba di sana dalam 41-48 jam. Sepertinya
kapal gagal tiba pada waktu yang dijadwalkan, operasi pencarian
besar-besaran diluncurkan oleh Angkatan Udara Selandia Baru tetapi
mereka gagal mendapatkan petunjuk apa pun tentang kapal hilang tersebut
bahkan setelah menjelajahi wilayah laut seluas 100.000 mil persegi. Pada
tanggal 10 November, MV Joyita itu terlihat oleh kapal pedagang di
sekitar 1000 km dari rute yang dijadwalkan. 25 awak dari kapal yang
sebagian terendam itu menghilang. Radio dari kapal hantu itu disetel
untuk 2182 kHz, panggilan internasional dan frekuensi marabahaya.
6. SS Valencia
Lebih
dikenal sebagai "Makam Pasifik," kapal hantu ini dibangun pada tahun
1882 dan umumnya melayani rute California-Alaska. Perjalanan akhir
dimulai pada tanggal 20 Januari 1906, dengan 108 penumpang, 9 perwira
dan 56 awak. Diarahkan ke San Francisco-Seattle, kapal ini terjebak
dalam cuaca buruk pada tanggal 21 Januari, di suatu tempat di Cape
Mendocino. Angin dingin yang kuat mengalihkan jalannya dan akhirnya pada
tanggal 22, itu bertabrakan dengan karang besar yang berada di bawah
permukaan laut. Ketika kapal mulai tenggelam, hal terburuk terjadi.
Sekitar 37 penumpang berhasil melarikan diri sedangkan sisanya terlempar
dari kapal dan tersapu oleh ombak yang mengerikan. Dianggap sebagai
salah satu bencana yang paling memilukan dalam sejarah Pacific
Northwest, SS Valencia dipercaya masih berlayar sebagai kapal hantu di
dekat Pulau Vancouver.
5. Lady Lovibond
Kisah
dari kapal layar ini diliputi oleh asmara, kecemburuan dan pembalasan
dendam. Sebagaimana legenda bermula, Simon Reed, kapten Lady Lovibond
sibuk dengan anggota kru dalam perayaan pernikahannya pada tanggal 13
Februari 1748. Menurut beberapa laporan, John Rivers, pengemudi kapal,
jatuh cinta dengan pengantin kapten, Annetta. Dipenuhi dengan rasa iri
dan marah, dia sengaja mengarahkan kapal ke Sands Goodwind Punisia, yang
terkenal sering menyebabkan kecelakaan kapal. Tabrakan itu membunuh
semua orang hampir seketika. Ada sebuah kisah lama tentang kapal hantu
ini yang muncul setiap lima puluh tahun di dekat wilayah Kent. Kapal ini
telah terlihat pada tahun 1798, 1848 1898 dan pada tahun 1948. Namun,
tidak ada penampakan yang dikonfirmasi pada tahun 1998.
4. Ourang Medan
Salah
satu kisah yang paling mengerikan dalam sejarah kapal hantu, Ourang
Medan kapal barang Belanda yang terlibat dalam penyelundupan zat kimia.
Seperti ceritanya, pada bulan Juni 1947, dua kapal Amerika, Silver Star
dan City of Baltimore, menerima beberapa kode Morse dari operator radio
Ourang Medan. Operator menyampaikan kematian seluruh awak termasuk
kapten kapal dan semua perwira. Ketika proses penyelamatan tim Silver
Star naik ke kapal Ourang Medan, mereka menemukan mayat dalam kondisi
yang mengerikan. Mengejutkan, tidak ada tanda-tanda luka eksternal pada
mayat dan bahkan kapal itu dalam kondisi tidak rusak. Tapi dari ekspresi
wajah mayat, tim penyelamat menyimpulkan bahwa mereka meninggal dalam
ketakutan luar biasa. Pencarian yang tersisa dari kapal hantu kuno ini
berakhir, ketika tiba-tiba kapal ini meledak saat akan sedang ditarik ke
pelabuhan terdekat. Tenggelam di kedalaman kegelapan Pasifik,
meninggalkan setumpuk misteri dan skeptisme untuk sejarawan.
3. Carroll A. Deering
Kapal
raksasa ini dibangun pada 1919 dan diberi nama sesuai nama anak
pemiliknya. Pada tanggal 28 Januari 1921, ketika kembali ke Hampton
Roads, Deering terlihat oleh suar di North Carolina. Menurut Kapten
Jacobson, penjaga suar, seorang pria misterius dari kapal melaporkan
bahwa Deering telah kehilangan jangkar. Jacobson juga mencatat bahwa
awak kapal berseliweran di sekitar bagian dek yang umumnya tidak
diperbolehkan untuk semua orang. Pada tanggal 31 Januari kapal itu
sekali lagi muncul di Cape Hatteras, North Carolina. Pada tanggal 4
Februari, tim penyelamat mendekati kapal tapi tidak ada tanda-tanda
aktivitas manusia. Deck yang terendam, navigasi peralatan, sekoci dan
log yang hilang. Segitiga Bermuda, bajak laut atau serangan Rusia? Ada
sejumlah spekulasi pada benang sejarah kapal hantu ini tapi tetap hal
itu merupakan misteri maritim terbesar.
2. Flying Dutchman
Menandai
kelahirannya di abad ke-17, Flying Dutchman menceritakan sebuah kapal
hantu yang juga dikatakan sebagai fatamorgana, halusinasi dan ilusi.
Menurut cerita rakyat bahari, kapal hantu ini tidak pernah bisa mencapai
pelabuhan dan berlayar terus-menerus di laut dengan kecepatan wajar.
Pada 1729, Kapten Vanderdecken mengemudikan kapal ini menuju Tanjung
Harapan, terletak di pantai Atlantik Afrika Selatan. Tiba-tiba badai
pecah namun kapten keras kepala dan berani melanjutkan perjalanan dan
bersumpah bahwa ia akan mencapai tujuan bahkan jika itu membawanya
sampai Hari Kiamat. Kapal ini tidak pernah mencapai tujuan dan tidak ada
tanda-tanda kehidupan tapi sejak tanggal itu menjelajah di laut ganas
sebagai kapal hantu.
1. Mary Celeste
Pada
tanggal 5 November 1872, kapal dagang ini memulai perjalanan yang
menentukan dari New York ke Genoa. Diluncurkan di bawah komando Kapten
Benjamin Briggs, kapal raksasa ini membawa sebuah "sekolam" anggur dan
minuman keras. Pada tanggal 4 Desember 1872, kapten kapal "Gratia Dei"
melihat sebuah kapal sekitar lima mil dari lokasi mereka sendiri. Saat
tim pencari bergerak mendekat, kapal masih berlayar dan diidentifikasi
sebagai Mary Celeste. Barang-barang pribadi dan barang berharga dari
awak kapal tak tersentuh, tapi 7 awak, kapten, istri dan putrinya
hilang. Hilangnya para awak kapal masih merupakanmisteri sampai saat
ini. Tidak ada tanda-tanda kekerasan dan perkelahian. Orang-orang
menghilang seperti asap
Tidak ada komentar:
Posting Komentar